4 Nov 2009

PENJELAJAHAN SAMUDERA

“Penjelajahan Samudera” adalah abad dimana banyak ditemukan daerah-daerah baru juga jalur-jalur pelayaran baru menuju dunia timur untuk mencari rempah-rempah. penjelajahan ini dilakukan oleh dua negara Eropa yaitu Portugal dan Spanyol. Motif penjelajahan ini yaitu:

Gold
Emas, ini disebabkan karena berkurangnya persediaan emas di Iberia, selain itu juga karena saat itu Eropa menganut sistem ekonomi Merkantilisme yang menentukan kaya tidaknya suatu negara lewat persediaan emasnya.

Glory
Kejayaan, pada saat itu kejayaan sebuah negeri bergantung dari besarnya imperium

Gospel
Adanya misi suci penyebaran Agama Kristen.
Selain 3 penyebab tersebut, jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Usmani juga makin mendorong mereka untuk mencari rempah-rempah sendiri. Mereka yang asalnya berdangang di sana pada saat itu hanya mau berdagang paling jauh di Italia (Genoa, Venesia, dll).
Saat itu Paus membagi dunia yang saat itu dianggap datar menjadi 2 bagian dengan “Perjanjian Tordesillas”. Bagian Timur untuk Portugal dan Barat untuk Spanyol.

*Tokoh-tokoh yang berasal dari Negara Portugis yaitu :
1. Bartholomeus Diaz, dapat mencapai Tanjung Topan atau Tanjung Harapan.
2. Vasco da Gama, berhasil mencapai Calicut dan India.
3. Alfonso d’Albuquerque, berhasil merebut kota Malaka.
4. Franciscus Xavarius, bertualang menyebarkan agama Kristen ke India, Maluku, Jepang, dan Cina.
5. Cabral, dapat mencapai semenanjung timur Brasillia.

*Tokoh-tokoh yang berasal dari Negara Spayol yaitu :
1. Christophorus Columbus, berhasil mencapai San Salvador di Kepulauan Bahama
di perairan Karibia.
2. Amerigo Vespucci, salah seorang pelaut yang ikut dalam perjalanan Marco Polo.
3. Ferdinad Magellan dan Yuan Sebastian del Cano merupakan tokoh-tokoh yang pertama kali berhasil mengelilingi dunia.
4. Ferdinad Cortez, pelaut yang dapat mencapai daerah Amerika Tengah.
5. Pizaro, berhasil menaklukan suku Inka dipedalaman Peru



Jalur Perdagangan Asia dan eropa

Pengenalan tanah Manado dan Minahasa oleh bangsa-bangsa Barat diawali dengan kedatangan musafir Spanyol pada 1532. Bermula sejak bandar Malaka didatangi kapal-kapal Portugis pimpinan D’Abulquergue pada 1511 membuka jalur laut menuju gugusan kepulauan Maluku. Jalur ini kemudian baru dimapankan pada 1521. Sebelumnya kapal-kapal Spanyol pimpinan Ferdinand Magelhaens merintis pelayaran dalam usaha tujuan serupa yang dilakukan Portugis. Bedanya jalur ini dilakukan dari ujung benua Amerika-Selatan melintasi samudera Pasifik dan mendarat di kepulauan Sangir Talaud di laut Sulawesi .
Sebelum menguasai kepulauan Filipina pada 1543, Spanyol menjadikan pulau Manado Tua sebagai tempat persinggahan untuk memperoleh air tawar. Dari pulau tersebut kapal-kapal Spanyol memasuki daratan Sulawesi-Utara melalui sungai Tondano.
Hubungan musafir Spanyol dengan penduduk pedalaman terjalin melalui barter ekonomi bermula di Uwuran (sekarang kota Amurang) ditepi sungai Rano I Apo. Perdagangan barter berupa beras, damar, madu dan hasil hutan lainnya dengan ikan dan garam.

Faktor yang mendorong penjelajahan samudra:
1. Terpengaruh oleh ajaran Copernicus bahwa bumi itu bulat
2. Tertarik dengan kisah perjalanan Marcopolo ke dunia Timur yang dikatakan dalam buku "Imago Mundi" (Anggapan /keajaiban dunia)
3. Timbulnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, seperti penemuan kompas, navigasi, mesin, dan peralatan kapal yang mempermudah pelayaran
4. Terdorong mewujudkan semangat GOLD, GLORY, dan GOSPEL yang artinya mencari kekayaan, kejayaan, dan menyebarkan agama Kristen.
5. Jatuhnya Konstantinopel yang menjadi pusat perdagangan di laut Tengah ke tangan Turki Usmani.
6. Semangat Reqounquesta (balas dendam ) yang dimiliki oleh bangsa Eropa akibat kekalahan dalam perang salib.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar